Langkah-langkah yang harus di kerjakan adalah:
* Lepas mur pengikat leher saluran buang pada silinder.
* Lepas mur pengikat knalpot dengan rangka sepeda motor.
* Lepas seluruh knalpot dan leher knalpot dari sepeda motor.
* Bongkar bagian-bagian knalpot(saluran buang,klem pengikat,knalpot,peredam)
* Pastikan torak pada kedudukan titik mati bawah.
* Bersihkan saluran buang pada silinder.
* Injak kick starter beberapa kali(torak membuang kerak yang masuk ke silinder).
* Waktu membersihkan saluran buang pada silinder,hati-hati jangan menggores dinding silinder atau merusak permukaan torak.
* Gunakan skrap dengan gerak menusuk dan memutar.
* Pukul-pukul secara ringan merata dengan palu kayu agar kerak terlepas.
* Bila keraknya terlampau tebal dan melekat kuat harus dilakukan pekerjaan khusus yakni dengan api gas las asitelin.
* Gunakan skrap untuk bagian dekat sambungan dengan leher knalpot.
* Cucilah bagian dalam dengan minyak tanah kemudian keringkan.
* Bersihkan kerak pada seluruh permukaan pipa peredam.
* Usahakan agar peredam lubang dapat terbuka.
* Bila selesai rakit kembali bagian-bagiannya.
* Pasangkan knalpot(kebalikan dari langkah pelepasan knalpot)
* Hidupkan motor di atas idle/stasioner,kemudian tutup lubang buang pada knalpot,periksa kebocoran yang terjadi pada sambungan-sambungannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan masukan komentar anda..